Di Balik Ungkapan “Dari Mata Turun ke Hati”, Ternyata Gini Prosesnya!

Friday, 28 Jan 2022


Kamu pasti udah nggak asing kan sama ungkapan “dari mata turun ke hati”? Ternyata ungkapan cinta tersebut bukan mitos belaka lho, melainkan ada rahasia di baliknya. 

Beberapa hal penting dalam hubungan bisa diungkapkan lewat tatapan mata. Tatapan mata memang penting dalam sebuah hubungan. Alasannya, tatapan mata bisa menjadi cara mudah bagi setiap orang untuk menyampaikan perasaannya, termasuk mengungkapkan rasa suka pada seseorang yang dicintai. 

Ketika dua orang saling suka bertatapan, bola mata mereka akan membesar. Beberapa penelitian bahkan membuktikan bahwa rasa suka umumnya pertama kali muncul saat  tatapan kedua orang saling  bertemu.  Kalau orang yang kita suka belum juga menunjukkan respons, tatapan langsung ke matanya bisa jadi salah satu cara yang layak dicoba. Mata mempunyai peran yang besar untuk menyalurkan sinyal ketertarikan pada lawan jenis.

Begini Proses Ilmiahnya di Dalam Tubuh

Sebuah studi juga menyatakan kalau kontak mata bisa menyalurkan sinyal ke otak orang yang sedang kita tatap.

Proses pertama, cahaya melewati kornea (lapisan depan bening pada mata). Kornea berbentuk seperti kubah dan membelokkan cahaya untuk membantu mata fokus. Lalu sebagian cahaya ini masuk ke mata melalui lubang yang disebut pupil (PYOO-pul). Iris (bagian mata yang berwarna) mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk ke pupil.

Selanjutnya, cahaya melewati lensa (bagian dalam mata yang jernih). Lensa bekerja sama dengan kornea untuk memfokuskan cahaya dengan benar pada retina. Ketika cahaya mengenai retina (lapisan jaringan peka cahaya di bagian belakang mata), sel khusus yang disebut fotoreseptor mengubah cahaya menjadi sinyal listrik.

Sinyal listrik ini berjalan dari retina melalui saraf optik ke lobus oksipital di otak, kemudian diproses menuju lobus frontal melalui lobus temporal untuk menghasilkan emosi. Sensasinya terasa sampai sekujur tubuh termasuk rasa berbunga di dada. Otak telah mengubah sinyal menjadi gambar yang sedang kamu lihat.

Pastikan Mata Dalam Kondisi Sehat

Menarik banget kan? Siapa tahu nih dia yang lagi kamu tatap berhasil menangkap sinyal yang kamu berikan sehingga jadi penentu kelanjutan hubungan kamu dengan dia. 

Satu lagi yang penting. Pas lagi tatap-tatapan sama gebetan kamu,  jangan biarkan mata kamu dalam keadaan iritasi ringan sampai berwarna merah ya.  Segera teteskan Braito Original atau Braito Biru aja yang bisa jaga kesehatan mata kamu.