Hati-hati, Masalah-Masalah Berikut Ini Bisa Terjadi Ketika Kamu Pakai Lensa Kontak!

Saturday, 18 Jun 2022


Kamu pengguna lensa kontak / softlens?

Bagi sebagian orang yang punya masalah penglihatan, pakai softlens bisa jadi solusinya. Salah satu alasannya, karena menggunakan softlens lebih praktis untuk menunjang aktivitas, penggunaannya pun nggak akan sepegal menahan beban kacamata. Selain itu, memakai softlens bisa membuat penampilan si pemakai jadi terlihat lebih menarik dari biasanya. 

Untuk kamu yang masih belum familiar, lensa kontak atau yang dikenal dengan softlens biasanya digunakan untuk penderita rabun dekat, rabun jauh, atau astigmatisme untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Namun,  di sisi lain pemakaian softlens ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan bila digunakan sembarangan. Dampaknya, bisa membuat kesehatan mata kamu semakin memburuk. 

Yuk kenali dulu masalah-masalah pengguna lensa kontak yang sering terjadi berikut ini:

  • Iritasi

Menurut pendapat beberapa ahli, pemakaian softlens selama 24 jam penuh tanpa lepas, bisa berakibat negatif pada mata. Seringkali si pemakai lupa dan softlens baru dilepas ketika hendak tidur. Nah, penggunaan softlens seperti ini bisa membuat mata kamu iritasi lho. 

Sebab bila mata ditutup lensa kontak, kadar oksigen otomatis akan menurun  di dalam mata. Ketika mata kehabisan oksigen, maka risiko bakteri masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi semakin tinggi. 

Selain itu, memakai softlens selama 24 jam juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada kornea dan infeksi.

  • Konjungtivitis  (Mata Merah)

Konjungtivitis atau biasa dikenal dengan “mata merah” yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi dari lensa kontak. Selain merah, mata juga menjadi berair Umumnya, kondisi ini ditandai dengan lapisan paling luar mata yang menjadi merah.

  • Alergi

Ada lagi nih masalah lain. Penggunaan softlens yang asal-asalan juga bisa menyebabkan alergi pada mata. Alergi ini umumnya ditandai dengan rasa mata menjadi gatal, nggak nyaman saat berkedip, dan masih banyak lagi. Alergi ini akan membuat si pemakai merasakan gatal sepanjang hari ketika menggunakan softlens. Wah nggak nyaman banget nih!

  • Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering bisa terjadi ketika kamu mengabaikan petunjuk penggunaan lensa kontak. Sindrom ini merupakan kondisi umum ketika air mata terlalu cepat mengering, atau mata nggak memproduksi cukup air mata. Akibatnya, bisa memicu peradangan dan iritasi pada mata.

Setelah lelah seharian memakai softlens, jangan lupa untuk teteskan Braito Tears atau Braito Hijau biar mata kamu nggak kering dan iritasi lagi. 

For your information, kalau kamu merasakan dampak yang parah ketika memakai softlens seperti gejala gangguan pada mata, nyeri pada mata, gangguan penglihatan, atau mata mudah silau. Kamu harus lepas softlens tersebut dan segera pergi ke dokter untuk penanganan yang tepat, ya!