Pandangan Mata Tiba-Tiba Kabur Kaya Gebetan? Ketahui Hal Ini dulu deh!

Friday, 27 May 2022


Mata adalah salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki peran penting. Dengan mata, kita bisa melihat betapa indahnya dunia, melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, dan bisa memperhatikan segala sesuatu dengan jelas. Tapi, pernah nggak kamu merasakan, pandangan mata yang tiba-tiba kabur? 

Ketajaman penglihatan hilang, dan melihat benda jadi tidak jelas. Tenang, ini sering banget terjadi kok. Namun, meski begitu kamu juga harus tetap waspada, karena hal ini bisa juga menjadi gejala dari penyakit yang lebih serius. Apa sih penyebab pandangan mata kabur, atau penglihatan buram?

Pandangan mata kabur bisa disebabkan oleh banyak hal. Terkadang disertai gejala lain, seperti sakit kepala atau pusing yang muncul secara mendadak. Penyebab paling umum dari pandangan mata kabur ialah kelainan refraksi mata, astigmatisme, dan presbiopi.

  • Gangguan refraksi mata

Gangguan ini adalah penyebab masalah penglihatan yang paling umum, termasuk mata kabur. Kondisi ini dapat terjadi ketika cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus ke retina. Sehingga, objek yang kita lihat akan tampak kabur dan samar. Terdapat beberapa jenis gangguan refraksi mata: rabun dekat, rabun jauh, astigmatisme (penglihatan ganda saat melihat objek dari jarak dekat atau jauh), presbiopia.

  • Degenerasi Makula

Para lansia umumnya mengalami degenerasi makula. Kondisi ini menyebabkan penderita kehilangan penglihatan di bagian pandang tengah karena makula yang rusak. Makula adalah daerah di sekitar retina mata yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan.

  • Glaukoma

Penyakit mata ini mengakibatkan kerusakan pada saraf optik. Terdapat dua bentuk glaukoma yang paling umum terjadi, glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup. Pada awalnya, biasanya penderita glaukoma tidak merasakan gejala yang signifikan. Karena gejala mata kabur dapat muncul secara tiba-tiba, seperti deadline dalam pekerjaan.

  • Infeksi Mata

Virus, bakteri, dan jamur adalah penyebab umum dari infeksi yang terjadi pada mata. Dapat terjadi karena cedera pada mata, atau tertular dari orang lain. Infeksi yang paling umum terjadi contohnya adalah konjungtivitis, di mana konjungtiva mata terinfeksi oleh virus, bakteri, atau zat alergen.

  • Mata Kering

Mata kering menjadi salah satu faktor lainnya yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Karena mata tidak mampu memproduksi air mata sebagaimana mestinya, sehingga mata tidak dapat terjaga dan permukaan mata tidak terlumasi dengan baik. Jika tidak segera diobati, maka akan menyebabkan pandangan mata menjadi makin kabur.

Kalau mata kamu kering, jangan lupa teteskan Braito Tears yang akan membuat matamu terlumasi dengan baik, sehingga mata kering kamu teratasi.

Gimana, kamu sudah punya strategi agar pandangan mata nggak kabur tiba-tiba?