Kapan Idealnya Periksa Kesehatan Mata Kamu?

Thursday, 31 Mar 2022


Kalau mata kita baik-baik saja, perlukah rutin melakukan pemeriksaan?

Jawabannya, perlu. Karena tidak bergejala, belum tentu potensi gangguan mata tidak terjadi lho. Untuk memastikan kesehatan mata tetap terjaga, kamu bisa melakukan pemeriksaan mata dengan rutin. 

Pemeriksaan mata biasanya dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan beberapa macam alat, menyorotkan cahaya ke mata, sampai dengan melihat dengan berbagai macam lensa. Selama tes pemeriksaan tersebut akan terlihat apa saja kemungkinan masalah yang terjadi dengan penglihatan kamu. tidak ada gejala berpotensi tidak mengalami gangguan mata. Untuk itu, lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk memastikan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Pemeriksaan mata dapat membantu untuk mendeteksi gangguan pada mata secara dini. Dengan begitu akan jadi lebih mudah diobati. kapan waktu ideal untuk cek kesehatan mata?

Usia, kesehatan, dan risiko munculnya masalah pada mata merupakan beberapa faktor yang menentukan seberapa sering seseorang untuk mendapat pemeriksaan mata. Untuk pembagian kategorinya sebagai berikut:Faktor-faktor seperti usia, kesehatan, dan risiko masalah mata menjadi faktor yang dapat menentukan seberapa sering seseorang mendapatkan pemeriksaan mata. 

Lalu kapan idealnya memeriksakan kesehatan mata kamu? 

Anak Berusia 3 Tahun ke Bawah

Untuk mendeteksi beberapa masalah mata pada anak seperti mata malas, juling atau tidak sejajar, anak direkomendasikan untuk memeriksakan mata antara usia 3 hingga 5 tahun. Bila ada gejala, segera lakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk menghindari masalah pada mata. 

 

Anak berusia 3 tahun ke bawah rentan mengalami masalah mata, seperti mata malas, juling, atau tidak sejajar. Lakukan pemeriksaan bila terjadi gejala yang timbul pada mata anak untuk menghindari masalah mata yang mungkin terjadi. Anak-anak direkomendasikan menjalani pemeriksaan mata antara usia 3 hingga 5 tahun.2. Anak Usia Sekolah dan Remaja

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan mata sebelum anak memasuki kelas satu SD. Tapi kalau anak memiliki gejala masalah penglihatan, lakukan pengecekan mata sesuai saran dari dokter. Idealnya untuk anak usia sekolah dan remaja melakukan pemeriksaan mata satu hingga dua tahun sekali.   atau sesuai yang disarankan dokter mata. 

Orang dewasa rentang usia 18 sampai 60 tahun, diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan mata  paling tidak setiap dua tahun. Hal ini dilakukan untuk menjaga penglihatan agar tetap sehat seumur hidup.  Sementara untuk usia 61 tahun ke atas harus melakukan pemeriksaan setiap tahunnya. Lain halnya dengan yang memiliki risiko tinggi terkait gangguan mata seperti punya riwayat penyakit mata yaitu glaukoma, cedera mata dll, mereka harus lebih rutin melakukan pemeriksaan.

 

Tapi, kalau penglihatan kamu terbilang sehat tanpa gangguan, kamu bisa mengikutin jadwal pemeriksaan mata berikut:

– Usia 20 hingga 30-an setiap 5 hingga 10 tahun.

– Usia 40 hingga 54 setiap 2 hingga 4 tahun.

– Usia memasuki 55 hingga 64 tahun setiap 1 hingga 3 tahun. 

– Usia di atas 65 tahun setiap 1 hingga 2 tahun.

Tujuan pemeriksaan rutin ini bertujuan agar kesehatan mata tetap terjaga sehingga dapat mencegah segala penyakit yang mungkin terjadi pada mata. Tapi kalau mata kamu merah atau kena iritasi ringan, bisa langsung teteskan Braito Original atau Braito Biru ya!