Cara-Cara Biar Pede “Eye Contact” ke Gebetan

Monday, 30 May 2022


Berbicara dengan orang lain akan lebih terlihat sopan ketika kita melihat ke arahnya. Namun nggak sedikit dari kita yang merasa malu dan kesulitan ketika harus melakukan eye contact, terlebih sama gebetan sendiri. Hayoo.. siapa nih yang relate lagi ngalamin juga?!

Di beberapa kasus bahkan ada juga yang mengalami eye contact anxiety, di mana seseorang berada dalam kondisi tidak nyaman ketika harus menatap orang lain. Kondisi ini dapat membuat seseorang menghindari kontak mata ketika sedang berbicara dengan orang lain. Hal ini bisa menimbulkan kesan yang kurang baik, khususnya dalam karir dan hubungan kamu dengan seseorang karena kontak mata merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang menunjukkan sikap positif sehingga sebaiknya wajib dikuasai.

Untuk mengatasi kecemasan kontak mata tadi, pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi rasa cemas tersebut, lalu yang kedua berusaha meningkatkan kemampuan kontak mata. Berikut ini tips-tips biar percaya diri yang bisa kamu coba untuk melatih kontak mata.

  • Mulai kontak mata dari awal pembicaraan

Walau obrolan belum dimulai, sebaiknya kamu sudah memulai kontak mata. Ini akan membuat kamu tampak lebih percaya diri dan menghargai teman bicaramu. Apa lagi kalau teman bicaranya gebetan yang lagi kamu PDKT-in. Doi pasti seneng deh!

  • Pakai aturan 50/70

Jaga kontak mata kamu dengan proporsi 50% ketika berbicara dan 70% ketika mendengarkan.

  • Tahan kontak mata selama 4-5 detik

Sebenarnya melakukan kontak mata yang terlalu intens juga tidak baik. Jadi, disarankan untuk memutus kontak mata setiap 4-5 detik sekali.

  • Mengalihkan pandangan dengan perlahan 

Mengalihkan pandangan terlalu cepat akan membuat seseorang terlihat gugup atau malu. Jadi, jika kamu merasa kontak mata dengan lawan bicara sudah terlalu intens, pastikan untuk mengalihkan pandangan secara perlahan.

  • Putuskan kontak mata dengan gestur 

Selain dengan melirik, kamu juga bisa memutus kontak mata dengan melakukan gestur atau mengangguk. Cara ini akan membuat kamu terlihat tetap nyaman dan lebih natural.

  • Berlatih “eye contact” dengan cermin

Untuk kamu yang akan menghadapi momen penting seperti bertemu pertama kali dengan gebetan, presentasi bahkan wawancara pekerjaan, disarankan untuk berlatih dulu melakukan percakapan di cermin.

Jadi, udah kebayang dong apa yang harus dilakukan biar pede kontak mata sama gebetan? Biar kamu makin percaya diri lagi, jangan lupa tetesin dulu Braito Tears atau Braito HIjau biar mata kamu nggak kering, ya!