Mata Orang Indonesia kok Warnanya Lebih Gelap? Kenapa Ya?

Friday, 3 Jun 2022


Pernah kepikiran nggak sih? Kenapa kebanyakan warna mata kita, sebagai orang Indonesia, berwarna lebih gelap. Hayoo.. siapa nih yang penasaran?!

Ternyata warna mata yang lebih gelap, dapat dipengaruhi dari banyak faktor. Salah satunya adalah faktor geografis. Berikut ini fakta menarik soal mata orang Indonesia yang warnanya lebih gelap.

  • Bagian mata

Sebelum melangkah ke warna mata, kamu mesti mengetahui terlebih dahulu dua bagian mata yang dapat dilihat secara langsung, iris mata dan sklera. Iris mata, adalah bagian yang memiliki warna, mulai dari: biru, hijau, coklat, dan lainnya. Sedangkan sklera, adalah bagian mata yang berwarna putih.

  • Berwarna gelap karena sinar matahari

Salah satu yang mempengaruhi warna iris mata, adalah dari letak geografis. Masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis, memiliki warna coklat gelap. 

Semakin gelap warna mata, maka pigmen yang dimilikinya pun semakin banyak. Hal ini ternyata merupakan sebuah manfaat, karena warna iris mata yang lebih gelap dapat melindungi mata akibat dari kerusakan sinar ultraviolet  seperti fotokeratitis dan sinar matahari yang terlalu terang atau menyilaukan seperti masa depanmu :p

Sedangkan mata dari orang-orang yang terletak di daerah yang tidak terlalu banyak matahari, biasanya cenderung memiliki warna yang lebih terang. Hal ini membuat mereka akan lebih mudah melihat dalam kondisi yang dingin dan gelap.

  • Mata gelap lebih tahan bising

Terdapat sebuah penelitian bahwa orang yang memiliki warna gelap lebih jarang mengalami gangguan pendengaran dibandingkan orang yang memiliki warna mata lebih terang. Hal ini disebabkan oleh jumlah melanin yang lebih banyak pada mata dan telinga. Sehingga memmberikan perlindungan dengan suara bising. Ada benarnya juga sih, orang-orang Indonesia kan sudah tahan dengan segala perkataan netizen dan tetangga yang maha benar :PPP

  • Mata gelap rentan terkena katarak

Eits, meski memiliki banyak manfaat kayak poin-poin di atas, ternyata ada hal yang perlu diperhatikan juga dari kita si pemilik warna gelap, lho! Sebuah penelitian di Australia, menyimpulkan bahwa orang dengan mata berwarna gelap memiliki resiko terkena katarak dua kali lebih besar.

Jadi, udah kejawab dong pertanyaan kenapa warna mata orang Indonesia lebih gelap? lebih pede kan dengan mata indah kamu itu? Biar makin percaya diri lagi, jangan lupa tetesin dulu Braito Tears yang bikin mata kamu nggak kering, ya!